5 Alasan Untuk Bermain Visual Novel

alasan bermain visual novel

Sesuai yang sudah aku sampaikan di halaman tentang, situs ini tidak hanya akan memposting patch hasil dari terjemahan visual novel, melainkan juga memposting hal-hal lainnya yang ingin aku posting. H3h3.

Untuk memulainya di postingan pertama ini, akan kuberikan opini pribadiku tentang 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bermain Visual Novel.

Sebelum itu, apa itu Visual Novel?

Menurut KBBI, Visual berarti “dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata)” dan Novel berarti “karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku”.

Visual Novel merupakan media storytelling imersif yang menggabungkan narasi yang biasa ditemukan pada sebuah karya novel dengan gambar statis memukau yang biasanya memiliki ciri khas anime sebagai elemen pendukung. Meskipun mungkin tidak dikenal secara luas seperti bentuk hiburan interaktif lainnya, visual novel menawarkan pengalaman yang unik dan memperkaya wawasan para pemainnya.
Berikut 5 Alasan Mengapa Harus Bermain Visual Novel

1. Tema dan Genre Cerita yang Beragam
Sama halnya dengan karya fiksi lainnya, visual novel tentunya harus memiliki daya tarik dalam cerita yang disuguhkan. Baik itu berupa cerita tentang misteri, fantasi, romansa SMA, atau yang lebih sederhana lagi adalah cerita kehidupan sehari-hari. Keanekaragaman ini memungkinkan para pemain untuk mengeksplorasi gaya bercerita yang bervariasi dan menemukan narasi baru yang sesuai dengannya.

2. Storytelling yang Imersif
Dengan penekanan pada pengembangan karakter, alur cerita yang menarik, dan jalan cerita yang bercabang, visual novel menawarkan tingkat imersi dan pengalaman emosional yang tidak dapat ditandingi oleh media lain. Memainkan visual novel itu sudah seperti masuk ke dalam buku cerita yang menawan dan menjadi peserta aktif dalam narasinya.

3. Ending yang Bermacam-macam
Tidak seperti novel yang sekali baca langsung tamat, visual novel sering kali menampilkan beberapa rute dan ending yang berbeda, sehingga mendorong para pemain untuk memainkan atau membaca ulang. Pilihan yang dipilih pemain dapat menghasilkan ending yang berbeda, memberimu kesempatan untuk menjelajahi narasi alternatif dan membuka konten tersembunyi. Hal ini tentunya tidak dapat berlaku apabila visual novel itu sendiri hanya memiliki 1 (satu) ending, tanpa skenario atau narasi alternatif. Jadi, ini juga tergantung pada visual novel yang kamu mainkan.

4. Artwork Memukau
Pada visual novel, terdapat istilah CG (Computer Graphic) yang merupakan sebuah ilustrasi untuk menggambarkan adegan yang sedang terjadi, dan sprite yang merupakan gambar statis karakter-karakter di dalamnya. Kombinasi ilustrasi, sprite karakter yang ekspresif, dan latar belakang yang digambar dengan indah menciptakan pengalaman yang menawan secara visual. Setiap adegan terasa layaknya sebuah karya seni, meningkatkan imersi dan menarikmu lebih jauh ke dalam dunia visual novel tersebut.

5. Bisa Memilih Waifu Heroine-mu Sendiri
Sering menonton anime romance atau harem, tapi karakter heroine favoritmu tidak pernah menang mendapatkan ending bersama si MC? Tenang, bermain visual novel menawarkan pemainnya untuk memilih siapa yang akan diromansa, begitu pula ending bersama siapa. Di tiap visual novel, mayoritas karakter heroine yang bisa kamu ambil rute dan endingnya pun bermacam-macam dan tidak terbatas pada satu karakter saja. Namun, seperti halnya nomer 3 tadi, hal ini juga tidak akan berlaku apabila visual novel yang kamu mainkan hanya memiliki 1 heroine saja.

Demikianlah alasan-alasan untuk bermain visual novel yang bisa aku jabarkan di sini. Jadi, poin mana yang membuatmu tertarik untuk memulai perjalananmu ke dunia visual novel?

Posting Komentar

0 Komentar